Akta No 23 Tanggal 29 Januari 2007. Notaris: Ny. Wirati Kendarto, SH

Program
Konsultasi
Kesehatan Lansia

Assalamu'alaikum Wr Wb,..dokter Probo yang yang saya hormati. Saya agak bingung campur sedih, karena ibu saya sudah lansia sering sembelit. kerap kali 5 - 6 hari baru buang air besar, itu saja harus menggunakan obat pembuat buang air besar...


Kirim Pertanyaan

KESEHATAN LANSIA

 

 

Tanya :

Assalamu'alaikum Wr Wb,..dokter Probo yang yang saya hormati. Saya agak bingung campur sedih, karena ibu saya sudah lansia sering sembelit. kerap kali 5 - 6 hari baru buang air besar, itu saja harus menggunakan obat pembuat buang air besar. Sebenarnya kenapa dan harus bagaimana untuk mengatasi hal tersebut dokter...Sungguh saya menunggu jawaban dokter, abis kasihan ibu saya..Wassalamu'alaikum Wr Wb. ( Ibu Ag)

 

Jawab :

Wa'alaikumsalam Wr Wb

Ibu Ag yang terhormat..memang sembelit adalah hal yang lebih banyak terjadi pada orang lanjut usia. Setiap dokter sebelum memberikan pertolongan pastilah memberikan beberapa tindakan sederhana lebih kurang 30 sampai 50 cc kalikan berat badannya. Misalnya ibunda ibu Ag memiliki berat 50 kg berarti minumnya antara 1500 cc sampai 2500 cc, diet tinggi serat, olah raga (jalan-jalan atau jogging , renang , senam dan sebagainya). Obat jika semua itu tidak menolong akan diberikan ( merekanya laxadin atau laktulax, microlax atau merek lain). Jaman dulu memakai busa sabun, tetapi dapat mengiritasi ( membuat radang ringan, sehingga terasa perih) dan sekarang dinyatakan sebagai potensial berbahaya.

Sembelit merupakan gangguan yang timbul pada saluran percernaan pada usia tua. Gerakan ususnya masih baik tetapi tinjanya sulit keluar. Sekitar 25 % orang menderita konstipasi, tetapi dapat diobati dengan cara hidup yang benar dan jika perlu obat pelancar buang air besar (lakasatif). Orang tua yang kurang aktif sering mengalami sembelit. Ada obat-obatan yang cenderung memperburuk sembelit, seperti pengurang nyeri terutama kodein dan morfin, garam besi (pil tambah darah), kalsium, alumunium (obat mag), obat untuk mencegah alergi , batuk , pilek atau susah tidur mengandung obat antikolinergik juga dapat menyebabkan sembelit.

Ada hal lain yang harus diwaspadai, yaitu kemungkinan sakit lain seperti hipotiroidisme ( kelenjar gondok kurang aktif) , kelumpuhan (stroke), kanker usus, luka/lecet robeknya dubur, wasir/hemoroid dan lain-lain.

Jika ternyata dengan obat belum berhasil , maka terpaksa dilakukan fekal manual, yaitu cara mengeluarkan tinja dengan diambil memakai jari. Tindakan ini memang agak pedih, tetapi harus dilakukan.

Jika sembelit sudah amat lama dan tinja sangat keras, jika sangat terpaksa akan dilakukan operasi.

Biasanya dokter akan memeriksakan ke dokter ahli radiologi, apakah ada kemungkinan kanker, tumor , polip dan lain-lain. Jika sudah berhasil keluar, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan indoskopi ( dengan alat teropong yang lentur untuk memeriksa kondisi ususnya seperti apa). Pemeriksaan ini oleh dokter ahli penyakit dalam dalam superspesialis gastro-entero-hepatologi.

Sembelit juga dapat berarti BAHAYA (SERIUS) jika sembelit tapi ternyata tinja kadang cair dan kadang seperti kotoran kambing, mungkin saja ini tanda kanker pada usus besar.

Semoga ibunda termasuk sembelit yang ringan, hanya akibat kurang minum atau kurang makan sayur dan buah. Atau kurang olahraga. Tentu saja do'a harus selalu dimohonkan kepada Allah SWT , semoga diberi anugerah kesehatan yang prima, yang merupakan modal utama beramal shaleh.

Wassalamu'alaikum Wr Wb


Contact Us

Phone:
(0274) 566987, 543473


Alamat

Sapen, Jl. Rambutan GK I/609 Yogyakarta


Rekening Donasi Lakesmu

Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta

No Rekening: 7005022066

An: ANANTA QQ LAKESMU

Statistik
Pengunjung hari ini: 57
Total pengunjung: 23707
Pengunjung online: 1