Akta No 23 Tanggal 29 Januari 2007. Notaris: Ny. Wirati Kendarto, SH

Program
Konsultasi
Kesehatan Lansia

Assalamu'alaikum Wr Wb,..dokter Probo yang yang saya hormati. Saya agak bingung campur sedih, karena ibu saya sudah lansia sering sembelit. kerap kali 5 - 6 hari baru buang air besar, itu saja harus menggunakan obat pembuat buang air besar...


Kirim Pertanyaan

NYERI KEPALA

 

Nyeri kepala merupakan keluhan yang sangat seirng diutarakan. Nyeri kepala menempati urutan paling atas. Diperkirakan, satu dari tiap tiga orang pernah mengalami nyeri kepala berat dalam hidupnya. Lebih dari 13.000 ton aspirin ( salah satu jenis obat anti nyeri) dikonsumsi orang setiap tahun di sleuruh dunia. Sebagian besar diindikasikan untuk nyeri kepala.

Nyeri kepala (headache) adalah nyeri atau rasa tidak nyaman yang terjadi diatas bagian superior kepala dan kadang-kadang menyebar ke wajah, gigi, rahang dan leher. Struktur di rongga kepala yang peka nyeri kepala meliputi; (1) sinus venosus dan cabang kortikalnya, (2) arteri besar di dasar otak, (3) durameter yang melingkupi dasar anterior dan posterior fossa, (4) n.kraniales V,IX dan X, (5) saraf spinal: n. servikal 1,2 dan 3. Struktur tersebut diatas memuat akhiran saraf peka nyeri, yang mungkin terpacu oleh traksi, inflamasi, tekanan , infiltrasi neoplastik dan senyawa biokemis yang dilepas pada nyeri tipe tertentu.

Nyeri kepala dapat juga terjadi akibat berbagai penyakit di mata da nisi rongga mata, rongga hidung, dan sinus paranasal, gigi, dan rongga telinga eksternal dan medial. Dalam penata laksanaannya, dilakukan anamnesis atau wawancara, dilakukan berbagai macam pemeriksaan dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Asosiasi nyeri kepala internasional (HIS) mengklasifikasi nyeri kepala dalam 13 tipe. Nyeri kepala dapat juga dikelompokkan menjadi : (1) nyeri kepala primer, dan (2) nyeri kepala sekunder. Pembagian lain : (1) nyeri kepala akut, seperti glaucoma, SAH, meningoensefalitis (2) nyeri kepala subakut, seperti pada tumor otak, abses dan hipertensi dan (3) nyeri kepala kronik seperti migren, TTH , neuralgia trigeminal. Nyeri kepala primer bersifat kambuhan dan ringan, meliputi 90 % dari kasus nyeri kepala. Nyeri kepala sekunder merupakan gejala dari penyakit lain yan mendasari dan membutuhkan pemeriksaan labih lanjut. Contoh nyeri kepala primer adalah migren, nyeri kepala tipe tegang/tegang otot  dan nyeri kepala berkelompok (cluster) . Nyeri kepala sekunder dapat merupakan akibat berbagai macam peristiwa seperti trauma kepala, kelainan pembuluh darah, meningkatnya tekanan intracranial, penyalahgunaan obat dan sebagainya.

Selanjutnya migren, migren yang lazim dikeluhkan (common migraine) terjadi secara periodic. Tidak didahului atau disertai aura (suatu gejala ikutan yang khas) . Nyeri kepala migren, rasanya nyeri tumpul, letaknya bifrontal , diatas mata, atau terasa di satu sisi. Dapat dirasakan di bagian lain kepala. Nyeri yang mula-mula unilateral dapat menyebar , dapat juga berpindah ke sisi lain. Gejala tersebut dapat disertai nausea dan kadang vomitus (mual dan muntah). Sejumlah kasus mengalami serangan selama beberapa hari. Serangan migren dapat berubah atau berpindah ke bagian belakang kepala dan tengkuk bagian atas. Terjadi juga kontraksi otot kulit kepala dan otot paraspinal servikal atas. KEjadian tersebut dapat berbalik, yakni nyeri tengkuk dan kaku lebih dahulu baru kemudian berkembang menjadi nyeri kepala migren.

Terakhir adalah nyeri kepala tipe tegang (TTH) atau nyeri kepala kontraksi otot , merupakan nyeri kepala yang paling lazim dijumpai. Nyeri biasanya bilateral, sering dominan di oksipital-nukhal, temporal atau frontal. Kadang juga menyebar difus di puncak kepala. Nyeri kepala ini sering terjadi pada pasien stress, cemas dan depresi. Nyerinya biasanya tumpul, sering disertai rasa lain seperti rasa penuh, seperti diikat, ditekan atau seolah kepalanya membengkak sampai mau pecah. (Samekto)



Form Komentar
Nama
Email
Web/Blog Anda
Isi Komentar
Masukkan kode berikut
Contact Us

Phone:
(0274) 566987, 543473


Alamat

Sapen, Jl. Rambutan GK I/609 Yogyakarta


Rekening Donasi Lakesmu

Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta

No Rekening: 7005022066

An: ANANTA QQ LAKESMU

Statistik
Pengunjung hari ini: 58
Total pengunjung: 23707
Pengunjung online: 2