Akta No 23 Tanggal 29 Januari 2007. Notaris: Ny. Wirati Kendarto, SH

Program
Konsultasi
Kesehatan Lansia

Assalamu'alaikum Wr Wb,..dokter Probo yang yang saya hormati. Saya agak bingung campur sedih, karena ibu saya sudah lansia sering sembelit. kerap kali 5 - 6 hari baru buang air besar, itu saja harus menggunakan obat pembuat buang air besar...


Kirim Pertanyaan

ISLAM, GIZI & KESEHATAN

 

Kehidupan Rasulullah Saw merupakan model terbaik bagi kehidupan umat manusia. Allah swt menganugerahkan akhlak terbaik kepada Nabi Muhammad Saw. Dengan demikian, adab Islam merupakan manifestasi terbaik dari penghormatan terhadap perilaku mulia Rasulullah.

Nabi Muhammad Saw dalam perilaku pribadi dan sosialnya senantiasa memperhatikan adab dan akhlak, yang memiliki tujuan khusus dan hikmahnya masing-masing. Dalam tatakrama makan, Rasulullah saya memperhatikan masalah tersebut dan menasehati orang lain untuk melakukannya.

Mengakhiri makan, sebagaimana mengawalinya juga memiliki tatakrama sendiri. Jika dijalankan dengan benar, semua ajaran islam tentang tatakrama makan akan memberikan manfaat bagi manusia. Terkait hal ini, Rasulullah kepada Imam Ali berkata, "Wahai Ali, ketika makan ucapkan Bismillahi Rahmani Rahim, (Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang). Kemudian, setelah selesai ucapkanlah Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah). Dan malaikatpun menuliskan pahala buatmu dari awal hingga akhir." Maksudnya, jika kita memulai makan dengan berdoa kepada Allah dan mengakhirinya juga dengan doa, maka selain makanpun, kita akan mendapat pahala yang Allah anugerahkan."

Di bagian lain, Allah swt berfirman mengenai keutamaan bersyukur dalam surat al-Baqarah ayat 172, "Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah."

Bersyukur terhadap seluruh karunia yang Allah anugerahkan merupakan sifat terpuji. Selain bersyukur kepada Allah Swt, Ahlul Bait di akhir makannya berdoa semoga Allah menghilangkan akar kemiskinan dari masyarakat.

Mendoakan supaya orang-orang yang lapar terlepas dari kelaparan, dan orang miskin serta kekurangan bisa terlepas dari kemiskinannya merupakan upaya minimal yang harus dilakukan untuk mengentaskan kemiskinan dan kelaparan yang mendapat keridhaan dari Allah Swt.

Ketika bertamu, kita juga diwajibkan untuk mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah yang memberi kita makan. Dalam sejarah disebutkan, saat bertamu Rasulullah Saw selalu berdoa di akhir makannya khusus untuk tuan rumah. Selain itu Rasulullah juga menyerukan supaya orang lain juga mendoakan tuan ramah.

Dalam ajaran Islam, setelah selesai makan dianjurkan untuk membereskan sisa-sisa makanan yang berserakan. Jika sisa roti tidak dibereskan dan dibiarkan berserakan begitu saja, maka berkah rezeki tidak akan bertambah.

SELANJUTNYA



Form Komentar
Nama
Email
Web/Blog Anda
Isi Komentar
Masukkan kode berikut
Contact Us

Phone:
(0274) 566987, 543473


Alamat

Sapen, Jl. Rambutan GK I/609 Yogyakarta


Rekening Donasi Lakesmu

Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta

No Rekening: 7005022066

An: ANANTA QQ LAKESMU

Statistik
Pengunjung hari ini: 58
Total pengunjung: 23707
Pengunjung online: 1