Akta No 23 Tanggal 29 Januari 2007. Notaris: Ny. Wirati Kendarto, SH

Program
Konsultasi
Kesehatan Lansia

Assalamu'alaikum Wr Wb,..dokter Probo yang yang saya hormati. Saya agak bingung campur sedih, karena ibu saya sudah lansia sering sembelit. kerap kali 5 - 6 hari baru buang air besar, itu saja harus menggunakan obat pembuat buang air besar...


Kirim Pertanyaan

ISLAM, GIZI & KESEHATAN II

 

Ajaran Islam diturunkan oleh Allah Swt dengan hikmah dan kemaslahatan manusia sehingga kehidupan umat manusia menuju jalan kebenaran dan kesempurnaan. Hikmah tersebut terkadang tersembunyi, namun sering pula terang-benderang. Dengan sedikit merenungkan karunia Allah yang melimpah di muka bumi ini, kita akan menemukan pelajaran tersebut. Misalnya, perintah agama untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Namun sejumlah lainnya seperti menyebut nama Allah di awal dan akhir makan memerlukan sedikit perenungan.

Ajaran Islam sangat lengkap dan menyeluruh. Bahkan agama ini memperhatikan hal-hal kecil seperti membersihkan sisa makanan yang tersisa di taplak. Anjuran agama ini sangat baik dari sisi kesehatan dan kebersihan.

Pada peneliti dalam berbagai riset mereka berkesimpulan bahwa faktor utama pemicu bau mulut adalah  keringnya mulut dan menurunnya air liur terutama ketika tidur. Mencicipi garam sebelum makan selain berkhasiat sebagai anti-bakteri juga meningkatkan air liur dan mencegah keringnya mulut terutama ketika tidur. Dengan demikian, anjuran ini juga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut.

Setelah mengkonsumsi makanan, jangan langsung mandi. Terkait hal ini, Imam Ridha berkata, "Jangan mandi dengan perut penuh makanan, Karena akan menyebabkan kram atau salah urat."

Para ahli medis berkeyakinan bahwa mandi setelah makan akan menyebabkan aliran darah di tangan dan kaki akan mengalir ke permukaan badan. Hal ini menyebabkan sejumlah darah di lambung akan berkurang, dan sistem pencernaan akan melemah. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa mandi dengan lambung penuh makanan akan menyebabkan stres, dan gangguan saluran darah ke hati dan pembuluh darah.

Islam juga menganjurkan untuk tidak meninggalkan makan malam. Terkait hal ini, Rasulullah bersabda, "Jangan lupakan makan malam, meski dengan sebutir kurma kering. Saya mengkhawatirkan umatku cepat tua karena meninggalkannya. Makan malam merupakan sumber energi yang baik bagi anak muda maupun orang tua."

Berdasarkan riwayat, waktu terbaik makan adalah pagi dan petang. Dalam surat Maryam ayat 62, Allah berfirman, "Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam syurga, kecuali ucapan salam. Bagi mereka rezkinya di syurga itu tiap-tiap pagi dan petang."

Terkait waktu makan, Dr. Hassan Ravazadeh, pakar kedokteran tradisional Iran berkata, "Sarapan merupakan waktu terbaik. Ketika itu makanan harus dikonsumsi sepagi mungkin. Jika terlambat atau mundur menyebabkan darah tercampur dan kotor. Ketika rasa lapar menguasai badan di waktu siang, maka kita harus makan secukupnya saja untuk meredakan rasa lapar." Beliau mengingatkan, "Jika kita terpaksa makan siang, setidaknya 15 menit setelah makan harus istirahat."

Dalam riwayat juga dijelaskan mengenai larangan untuk tidur dalam keadaan lapar. Sebaliknya Islam juga melarang tidur dalam keadaan kekenyangan. Dr. Ravazadeh berkata, "Seorang yang menghendaki hidup sehat harus menjaga jarak antara makan malam dan tidur minimal tiga jam. Dan jangan tidur dalam keadaan kekenyangan maupun kelaparan." (IRIB Indonesia)



Form Komentar
Nama
Email
Web/Blog Anda
Isi Komentar
Masukkan kode berikut
Contact Us

Phone:
(0274) 566987, 543473


Alamat

Sapen, Jl. Rambutan GK I/609 Yogyakarta


Rekening Donasi Lakesmu

Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta

No Rekening: 7005022066

An: ANANTA QQ LAKESMU

Statistik
Pengunjung hari ini: 58
Total pengunjung: 23707
Pengunjung online: 2