Akta No 23 Tanggal 29 Januari 2007. Notaris: Ny. Wirati Kendarto, SH

Program
Konsultasi
Kesehatan Lansia

Assalamu'alaikum Wr Wb,..dokter Probo yang yang saya hormati. Saya agak bingung campur sedih, karena ibu saya sudah lansia sering sembelit. kerap kali 5 - 6 hari baru buang air besar, itu saja harus menggunakan obat pembuat buang air besar...


Kirim Pertanyaan

STROKE : KENALI GEJALANYA DAN KENDALIKAN FAKTOR RESIKONYA

“Dok, bapak saya ketika bangun tidur tiba-tiba jika bicara pelo dan mulutnya perot, dan kemudian diikuti dengan kelumpuhan pada tangan dan kaki sebelah kanan, dan sekarang tidak bisa bicara sama sekali”, demikianlah sepenggal keluhan yang disampaikan oleh anggota keluarganya kepada dokter di UGD, keluhan tersebut adalah khas pada pasien-pasien yang mengalami serangan stroke.

Menurut WHO, definisi stroke adalah terjadinya gangguan peredaran darah otak secara tiba-tiba, berlangsung lebih dari 24 jam, dengan tanda-tanda fokal maupun global yang bukan disebabkan oleh karena infeksi, tumor maupun cedera sebelumnya. 

Akhir-akhir ini penyakit stroke makin populer dimasyarakat dan masyarakat-pun semakin peduli terhadap penyakit ini, dan hal ini dapat dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah pasien yang datang di beberapa praktek dokter umum, spesialis saraf maupun yang langsung ke rumah sakit yang meminta penjelasan terhadap keluhan yang dikiranya adalah serangan stroke. Meningkatnya kepedulian masyarakat mungkin juga karena sifat serangannya yang tiba-tiba serta terjadinya kecacatan yang menetap.

Stroke merupakan penyebab utama kecacatan fisik maupun mental pada usia produktif dan usia lanjut, dan bahkan dapat menyebabkan kematian dalam waktu yang singkat, sehingga stroke merupakan salah satu masalah yang serius di muka bumi. Di Amerika Serikat, setiap tahun 160.000 penderita stroke meninggal dunia dan terdapat sekitar 730.000 stroke baru dan stroke ulang, selanjutnya dilaporkan juga bahwa setiap satu menit, penduduk Amerika Serikat terserang stroke dan setiap 3 menit penderita stroke tersebut meninggal dunia. Banyak dari para penderita stroke yang tidak dapat atau terganggu dalam pekerjaan sehari-hari dan sebanyak 20% dari penderita stroke yang selamat sangat tergantung dengan orang lain. 

Di Amerika Serikat dilaporkan bahwa kerugian yang ditimbulkan oleh karena serangan stroke sangat besar yaitu mencapai 40 biliun dollar setahun yaitu untuk pengobatan dan perawatan setelah serangan, juga akibat hilangnya pekerjaan serta turunnya kualitas hidup. Kerugian ini akan berkurang jika pengendalian faktor risiko dilaksanakan dengan ketat oleh para penderita. ( Dr. dr. Ismail Setyopranoto, Sp.S(K) )

Bersambung



Form Komentar
Nama
Email
Web/Blog Anda
Isi Komentar
Masukkan kode berikut
Contact Us

Phone:
(0274) 566987, 543473


Alamat

Sapen, Jl. Rambutan GK I/609 Yogyakarta


Rekening Donasi Lakesmu

Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta

No Rekening: 7005022066

An: ANANTA QQ LAKESMU

Statistik
Pengunjung hari ini: 58
Total pengunjung: 23707
Pengunjung online: 2